Kamis, 26 Februari 2015

Kangen Mama

Sudah 8 tahun alm mama jalan.iya,saya masih ingat betul kepergiannya.hingga detik detik mama dijemput yang Punya Hidup.Allah SWT.
Dulu saya berpikir,begitu baiknya mama,maka Allah akan memberikan umur yang panjang untuk Mama.tapi cerita hidup bekata lain.
Tepat 1 bulan setelah pernikahan saya,mama dipanggil yang kuasa.30 mei 2007.
Pernikahan saya,sejatinya diatur pada bulan september tahun itu,tapi penyakit yang diderita mama,menggerogotinya dengan cepat.KANKER LIDAH.jangan tanya,saya pun masih bingung dengan penyakit ini.diawali dengan sariawan,terdapat luka di lidahnya.dalam kurun waktu 1 tahun,penyakit ini menyebar dengan cepatnya,hingga ke dalam jaringan tubuh.
saat itu,pilihannya lidah harus dipotong atau mengobatinya.
segala cara kami coba,hingga mama pun sempat dirawat di rumah sakit kanker di jakarta.
sebenarnya,saat itu kami sedang menyusun persiapan pernikahan saya.tapi karena kondisi mama yang perlahan menurun,mama minta dimajukan pada bulan april 2007.saya ingat,pagi itu mama minta pada saya,kalau mama akan berobat ke jakarta,jadi pernikahan akan diadakan pada april tgl 29.
saya bingung,belum sempat membicarakannya pada calon suami saya,pun pda calon mertua.
itu pada bulan maret.ini berarti saya hanya punya waktu 1 bulan mengurus semuanya.
saat saya membicarakan pada calon suami saya.kami bingung.saya seperti  ketiban tangga.begitu juga saat saya bicarakan ini pada saudara saudara saya,menarik napas panjang,bahkan salah satu saudara saya,marah sekali pad saya.tapi sebenarnya ini kepuusan mama,yang sempat membicarakannya dengan om om dan tante tante saya.iya,mama saat itu dirawat di malang,dikota ini saya berkuliah,kebetulan,hampir seluruh anggota keluarga mama tinggal di malang.termasuk,nenek saya,ibu dari mama.
dengan segala persiapan minim,akhirnya pernikahan diselenggarakan,selama 1 bulan saya mempersiapkan segalanya,mama dirawat di jakarta,tentunya saya ikut mengantar mama.sebenarnya,sebelum itu mama sudah beberapa kali keluar masuk rumah sakit.tapi keputusan keluarga mencarikan pengobatan yang terbaik untuk mama.
pada 29 april 2007,penikahan saya dilangsungkan.sempat speechles mama tidak akan hadir,tapi mama akan tetap menjadi mama,ingin melihat pernikahan anak bungsunya berlangsung.
saya beruntung dengan segala kondisi yang terjadi,keluarga tidak hanya diam.banyak sekali kejutan dihai itu.tante tante saya menyampaikan,dengan kondisi mama yang begitu,keluarga tidak ingin pernikahan saya terlalu simple,tentunya untuk menyenangkan hati mama juga.
saat itu,mama datang sesaat sebelum ijab berlangsung.
sudah bisa dipastikan,ijab berlangsung dengan suasana haru.tidak ada yang sanggup menahan air mata.mama datang dari rumah sakit,dengan kursi roda dan tabung oksigen.tapi mama tidak dapat hadir lama.
bisa dipastikan,keluarga mengerubuti mama.mama saat itu sudah tidak dapat bebicara apa apa,karena lidahnya yang digerogoti penuh dengan hementah bagaimana saya menceritakannya.
sebenarnya hari itu,saya dan suami sudah siap untuk 'malam pertama' dirumah sakit,ikut mengurus mama.tapi keluarga tidak ada yang setuju.kelar acara,papa langsung membawa kami dengan mobil pengantin hadiah dari keluarga,langsung kerumah sakit.lengkap dengan kostum penagntin.ada yang lucu,saat kami tiba,seluruh pengunjung rumah sakit dibuat bingung,termasuk pak satpamnya.karena kami tiba masih lngkap dengan baju pengantin,papa ingin menunjukkan pada mama,baju yang dirancangkan mama untuk saya kenakan,agar mama bisa melihat langsung dari dekat.kostum itu masih saya simpan hingga hari ini.
setealh itu,mama bilang kami tidak boleh keruamh sakit lagi,jadi kami diungsikan ke Hotel..iya ke Hotel.saya masih bingung.ada yang menarik sebenarnya,sehari sebelum ijab,saya masih ikut menginap diruamh sakit.hari itu,salah satu kakak saya minta diantar mencari baju,baju untuk hadir di acar saya.iya,hadir di acara saya..hahahaa.kami berkrliling menngunakan becak.malam nya saya baru menginap di ruamh tante untuk pesiapan acara besoknya.karena malam itu abnyak keluarga yang hadir,maka saya pun begadang.sebenarnya jadwal ke salon jam setengah 6 pagi,tapi pagi pagi buta,nenek saya membangunkan saya.jadi saya hanya tidur 3 jam,mau tidur lagi,saya dibangunkan lagi oleh nenek dengan gagang sapu.hahahhaa.
selama 1 bulan,saya terus menginap dirumah sakit,suami saya saat itu harus bolak balik surabaya malang.tidak setiap hari.setiap 2 hari sekali.1 bulan dirawat dirumah sakit,mama minta keluar rumah sakit.jadi kami tinggal diruamh tante.selama itu,kami tetap harus riwa riwi rumah sakit,karena mama harus kemoterapi dirumah sakit umum di malang.
hari itu,tanggal 30 mei 2007.pagi itu,saya harus mengantar mama kemo,menggunakan mobol ambulance yang ada,mama hanya terbaring.saya ingat percakapan yang terjadi,mama menanyakan kabar suami saya,mama bilang,gemukin dikit ya mas mu,kursu banget kayak tulang aja,saya tertawa,mama berbicara denagn tersendat sendat.saya pun sempat membicarakan,ma..nanti ultah kita dirayain pake apa?iya..ultah saya hanya berselang satu hari dari mama.tepatnya minggu depannya.saya berultah tanggal 5 juni,sementara mama,pada tanggal 6 juni.
Mama hanya menggeleng sambil tersenyum,mama memeluk saya erat.\
entah kenapa perjalanan menuju rumah saki terasa lama untuk saya saat itu.tenggorokan saya tercekat mendapat jawaban tidak biasa dari mama.
entah bagaimana,setealh sampai dirumah.saya memecahkan termos yang digunakan untuk ai hangat mama,kakak ipar saya berkata,ganti buruan termos itu.sore itu,jam setengah 3,saya baru saja keluar dai kamar tmpat mama,hanya 2 menit berselang.ponakan saya berteriak,mama mama,nenek kenapa.saya berlari menuju kama mama,dan mendapati tante saya menurunakn tangan mama yang seperti oramg shalat.
saya sempat beteriak,mama jangan..jangan ma..bangun ma.innaliilahi wa inalaihi rojiun.mama meninggal mengucapakn allahu akbar,didampingi papa dan tante.
selamat jalan ma.tidur yang tenang.maafkan niar belum berbakti pada mama.
tapi hingga hari ini,ada satu hal yang sedikit membuat saya lega,saya sempat mengabulkan permintaan mama,melihat pernikahan saya terwujud.
I LOVE YOU MA.you are the shine in my life,u re the angel in my heart.missed you so much.
Terimakasi untuk alm  Mama yang tidak terhinnga.untuk alm Papa atas segalanya.untuk alm,nenek Ince.untuk alm Tante Iyam,maaf tidak sempat berbincang2.Untuk Allah SWT.titip rindu untuk mereka semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar